Sabtu, 06 Oktober 2012

Rute dan Angkutan Menuju Sawarna via Serang Banten


Sawarna, daerah wisata di wilayah banten selatan ini mulai banyak di bicarakan keindahan akan keindahan pantainya. Pantai dengan perpaduan pasih putih, pantai karang dan obak yang besar khas pantai selatan.

Bagi sobat yang mendengar banyak cerita, membaca di blog, liputan media entah online, TV, Koran dan majalah lalu teratik dan tergerak untuk untuk mengunjungi pantai sawarna.

Akan tetapi jarak dan rute menuju sawarna kadang menjadi kendala. Belum lagi masalah angkutan umum yang belum banyak tersedia. Dan jalan yang berkelok dan rusak menuju sana menjadi kendala tersendiri. Tapi keindahan pantai yang di juluki oleh sebagian orang sebagai Surga tersembunyi dari selatan Banten lebih kuat.

Melihat animo yang begitu besar menuju sawarna dan banyak bertanya tentang rute menuju sawarna, dulang777 akan coba share rute menuju sawarna dan beberapa angkutan umum. Rute ini akan kita bagi kedalam 2 bagian, bagian pertama rute menuju Sawarna lewat Serang dan Rangkas, Rute Kedua lewat dan Rute kedua melalui Sukabumi.

Pada article kali ini akan coba di tulis tentang Rute dan angkutan menuju sawarna lewat Serang Banten terlebih dahulu. Dan kita akan coba bagi kedalam rute yang menggunakan angkutan pribadi dan menggunakan angkutan umum.


 Peta Rute Menuju Pantai Sawarna Bayah Banten


Rute Menuju Sawarna Lewat Serang Menggunakan Angkutan Umum dan Pribadi


Rute Menuju sawarna tentu saja melalui Serang Banten seperti terlihat dari Peta diatas. Dari Merak, Jakarta dan Tangerang kita menuju Serang Banten.

Untuk mobil pribadi yang hedak menuju serang bisa menggunakan Tol Jakarta Merak kemudian keluar di Tol Serang Timur menuju ke arah terminal Pakupatan. Dari terminal lurus dan di lampu merah pertama dekat dengan Pom Bensin Pertamina belok Kiri menuju Pandeglang.

Untuk yang menggunakan Angkutan umum bisa dari terminal Kampung Rambutan, Kalideres dan Tanjung Priuk, atau bisa juga menunggu di Slipi Jaya di Sebrang Rumah sakit Harapan kita. Dari sana kita naik Bus menuju Merak tapi turun di terminal Pakupatan Serang.

Ongkos Bisnya berbeda-beda, jika ingin lebih murah bisa naik Murni atau Asli, tapi biasanya hanya dari Kali Deres. Jika naik Arimbi atau primajasa sekitar 17 ribu dihari biasa untuk AC, itu dari Kampung rambutan dan Pulo Gadung.


Dari Pakupatan- Serang, kita bisa naik ELP atau Dambri menuju Bayah. ELP (angkutan ukuran 3/4 lebih kecil dari BIs Kopaja atau metro mini di Jakarta) ini kebanyak hanya sampai Malingping saja, ada juga yang ke Bayah tapi tak terlalu banyak ketimbang ke Malingping.

Elp dari Serang ke Malingping, bayah dan Binuangeun biasanya terakhir itu Jam 7 malam dan baru ada lagi sekitar jam 2 pagi. Sedangkan Dambri itu terkahir maksimal jam 4 sore.

Untuk Dambri, tak setiap jam ada. hanya ada di Jam-jam tertentu yaitu jam 7 pagi, 1- 2 siang dan 3- 4 sore. Dambri ada yang ke Binuangeun dan Ke cikotok, jika naik yang ke cikotok kita bisa turun di bayah tapi jika naik yang ke binuangen kita akan di turunkan di Malingping.

Lantas berapa ongkos dari Serang ke Malingping?. Untuk ELP di hari biasa hanya 25 hingga 30 ribu rupiah, sedangkan hari libur lebih mahal.

Seandainya saja hanya mendapatkan Elp atau Dambri yang sampai Malingping saja, bagaimana? Jangan takut dari Malingping ada angkot menuju bayah. Jarak tempuh kurang lebih satu jam dengan ongkos kurang lebih 5000 Rupiah. Sepanjang jalan Malingping menuju Bayah ini kita akan menemukan pantai-pantai indah tepi jalan.

Dari Bayah kita bisa naik angkota menuju pintu gerbang sawarna. Atau jika banyak orang bisa sewa angkot sekalian. Dari pintu gerbang sawarna bisa naik ojek, dulu sekitar 15 ribu rupih perjalanan sekitar 30 menit.

Rute Menuju Sawarna Lewat Serang Menggunakan Motor

Tentang Perjalanan ke Sawarna adalah perjalanan yang tidak mudah, karena ia jaraknya yang cukup jauh dan kendaraan yang masuk kesana pun terbatas. Dan salah satu pilihan berwisata kesana adalah dengan Touring atau berkendara dengan motor. Berikut Rute yang akan menggunakan sepeda Motor dengan rute Jakarta – Serang – Bayah – Sawarna.

Jadi, sebaiknya berangkatlah dipagi hari atau siang hari. Hindari pergi ke Sawarna sore atau malam hari, terutama untuk wisatawan yang belum terlalu tahu kondisi wilayah yang akan dilewati, karena medannya sepi dan gelap tanpa penerangan lampu jalan. Selain itu masih adanya beberapa titik yang dianggap rawan dan melewati hutan – hutan yang cukup panjang.

Apabila kita berangkat dari Jakarta arahkan motor anda menuju Jakarta Barat, lebih tepatnya Kali Deres. Dari situ terus melaju ke Tangerang. Di Tangerang pilih yang arah ke Serang. Perjalan ke Serang menempuh waktu kurang lebih 2 -3 jam dengan kecepatan rata – rata 60 KM/Jam dan tidak terlalu banyak berhenti. Perkiraan ini pun apabila anda tidak terkena macet di Tangerang yang seringkali banyak kendaraan besar pengangkut barang dari pabrik – pabrik yang banyak di daerah itu.

Rute yang akan dilewati untuk ke Serang dari Jakarta antara lain: Cikupa – Balaraja – Cikande – Serang. Pada dasarnya jalannya tidak terlalu sulit, karena cenderung lurus (tidak berbelok), mungkin yang agak sedikit membingungkan di Tangerangnya.

Dari perempatan sesuai peta di atas, pilihlah jalan yang lurus mengikuti Jalan Daan Mogot  (bukan ke arah Serpong/BSD/ Jalan Jenderal Sudirman) -> ditandai dengan line warna merah.
 Kemudian akan ada perempatan, pilih ke arah Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna -> Jalan Siswa Dalam ->  Jalan Windu Karya ->  hingga kembali ke Jalan Daan Mogot.




Dari Jalan Daan Mogot, akan ada 2 percabangan, pilihlah yang menuju Jalan Medan Merdeka. Setelah itu, Anda hanya perlu lurus menuju Serang sesuai dengan arahan sebelumnya.

Dari Jalan Daan Mogot, akan ada 2 percabangan, pilihlah yang menuju Jalan Medan Merdeka. Setelah itu, Anda hanya perlu lurus menuju Serang sesuai dengan arahan sebelumnya.

Ketika Anda sudah sampai di Serang, tidak jauh dari perbatasan. Ada akan menemukan petunjuk Jalan yang akan mengarahkan Anda ke Rangkas Bitung/Pandeglang. Pilihlah jalur itu. Selanjutnya Anda akan menemukan jalan yang menuju Petir -> Sampay -> Cileles ->  Gunung Kencana -> Malingping -> Bayah.
Untuk kecepatan rata – rata 60 KM/Jam, Anda dapat tiba di Bayah kurang lebih 3 – 4 Jam dari Serang.


jika ada yang belum jelas, bisa like dan bertanya di fanspae pantai sawarnanya  tau bisa cek distinasi-destinasi menarik di pantai sawarna & ketika akan ke sawarna di sarankan untuk cari penginapan tidak mendadak, ini info penginapan di sawarna

follow @dulang777 di twitter

6 komentar:

mantap.. :) :) . . euy,.. mari galakan pariwisata Lebak (SAWARNA khususnya) di dunia Maya :)

keren nih bisa jadi refrensi buat backpacker selanjutnya
nice brother.. :D

keren tapi jauh banget kayaknya
suasana pantainya gimana nich

penginapan dan sarana pendukung lainnya gimana?

coba cek disini http://www.dulang777.com/
Semoga bisa lebih membantu :)

klao lwat serang perjalanan berapa lama?

min , bagaimana dengan bengkel disepanjang jalan , apakah banyak ?? terutama untuk yang touring menggunakan vespa ?

Poskan Komentar