Kamis, 18 April 2013

Rute dan Angkutan Umum Menuju Baduy

Setelah mengenal suku baduy yang sebelumnya dulang777 sudah share di artikel sebelumnya, mulai dari dimana suku baduy, kenapa harus wisata ke baduy, dan hal-hal yang harus di persiapkan ketika akan berwisata ke baduy.

Nah..selanjutnya dulang777 share tentang rute menuju Suku Baduy. Untuk menuju baduy, bisa lewat Rangkasbitung, Serang atau Bogor, tapi memang rute dari Serang dan Bogor juga harus tetap menuju Rangkasbitung terlebih dahulu.

Rute dan angkutan umum ke suku Baduy menggunakan angkutan umum ke Rangkasbitung bisa menggunakan bis atau kereta api.

Untuk bis dari Jakarta, bisa ke terminal kampung rambutan dan kalideres menuju terminal Mandala di Rangkasbitung. Untuk ongkosnya dari Kalideres maupun Kampung Rambutan biasa tidak lebih dari RP 20.000 rupiah. Sebenarnya dari Kalideres, ada Bus Rudi kecil jurusan Kalideres – Ciboleger tapi karena armadanya sedikit, jadi susah dan agak lama.

Jika dari Bandung, bisa menggunakan bis RUDI ( warna kuning biasanya) jurusan Rangkasbitung dari terminal Leuwi Panjang Bandung menuju Terminal Mandala via tol Cipularang. Untuk ongkosnya kurang lebih Rp.50.000/orang. Begitu juga dari Bogor, Kita bisa menggunakan Bis Rudi jurusan Bogor-Rangkasbitung, ongkosnya sekitar Rp.20.000 sampe 30.000/orang.

Selain bis, bisa juga menggunakan kereta api, tapi hanya ada dari Jakarta saja. Kereta yang tersedia hanya kereta rangkas jaya dan kereta ekonomi, disarankan menggunakan kereta rangkas jaya dari terminal Tanah Abang menuju Rangkasbitung. Untuk jurusan ini harga tiket kereta api kelas ekonomi Rp. 2.000, kelas ekonomi ekspres Rp. 4.000.

Dari stasiun kita bisa langsung menggunakan angkot menuju Terminal Aweh. Atau jika tidak ada angkot dari stasiun menuju aweh, maka harus ke terminal mandala terlebih dahulu.

Dari Terminal Mandala, kita bisa ke teminal aweh terlebih dahulu atau bisa langsung ke terminal ciboleger. Menuju Ciboleger, bisa menggunakan mobil elf jurusan Rangkasbitung ( terminal Mandala) – Ciboleger, ongkosnya yaitu Rp.25.000 sampai R.30.000/orang, tergantung kita nego. Atau harus jika ingin ke terminal aweh juga bisa, ada banyak angkot.

Dari terminal Aweh menuju Ciboleger butuhkan waktu perjalanan selama 2 jam sampai 2 jam 30 menit, bergantung pada laju kendaraan. Tarif yang diberlakukan pun berbeda-beda, tergantung banyak atau sedikitnya penumpang. Harga terendah Rp13.000, bila penumpang penuh. Harga dapat berubah-ubah menjadi Rp15.000 sampai Rp25.000, disesuakan dengan jumlah penumpang. Pun, angkutan umum ini beroperasi pada pukul 5 pagi hingga pukul 3 sore saja.

Ciboleger merupakan pintu gerbang menuju wilayah  Baduy. Di Ciboleger, sebaiknya menemui Lurah atao Jaro Daenah untuk mengisi buku tamu sebagai pengunjung. Jika tiba di Ciboleger larut malam dan tidak ingin melanjutkan perjalanan, masyarakat Baduy menyediakan rumah singgah dengan fasilitas alakadarnya. Bisa juga menginap di rumah makan satu-satunya di Ciboleger, rumah makan Ibu Yati, juga dengan fasilitas alakadarnya dan biaya sukarela.

Namun bila tetap melanjutkan perjalanan, masyarakat Baduy juga dengan sukarela akan membantu menjadi porter. Mereka akan membawakan barang bawaan Anda sampai tujuan dengan tips seikhlas Anda.

follow @dulang777 di twitter

0 komentar:

Posting Komentar